Bahasa dan Tulisan Kuno - CARITAU and Find The Truth
News Update
Loading...

Sunday 7 August 2011

Bahasa dan Tulisan Kuno

Seiring dengan Sumeria, dialek Semit juga diucapkan pada awal Mesopotamia. Akkadia , datang untuk menjadi bahasa yang dominan selama Kekaisaran Akkadia dan Asyur kerajaan, namun Sumeria dipertahankan untuk tujuan administrasi , agama , sastra , dan ilmiah. Berbagai varietas Akkadia digunakan sampai akhir periode Neo-Babilonia. Bahasa Aram , yang umum di Mesopotamia, kemudian menjadi bahasa administrasi resmi provinsi pertama di Kekaisaran Asyur Neo , dan kemudian Achaemenid Kekaisaran Persia . Akkadia jatuh ke dalam tidak digunakan, namun Sumeria masih digunakan di kuil selama beberapa abad. Teks Akkadia terakhir tanggal dari akhir abad ke-1 Masehi.

Awal dalam sejarah Mesopotamia itu (sekitar pertengahan-4 milenium SM) cuneiform script yang diciptakan. Runcing secara harfiah berarti "berbentuk baji", karena ujung segitiga stylus yang digunakan untuk mengesankan tanda-tanda di lapangan tanah liat basah. Bentuk standar dari masing-masing tanda cuneiform tampaknya telah dikembangkan dari piktogram . Teks-teks awal (7 tablet kuno) berasal dari Kuil E didedikasikan untuk Inanna pada dewi Uruk, dari sebuah bangunan dicap sebagai Kuil C dengan excavator nya.

Awal logographic sistem cuneiform script waktu bertahun-tahun untuk menguasai. Jadi, hanya sejumlah terbatas individu dipekerjakan sebagai juru tulis untuk dilatih dalam penggunaannya. Ia tidak sampai meluasnya penggunaan sebuah suku kata naskah diadopsi di bawah kekuasaan Sargon bahwa bagian-bagian besar penduduk Mesopotamia menjadi melek huruf. Arsip besar teks-teks itu ditemukan dari konteks arkeologi Lama penulisan sekolah Babilonia, melalui mana keaksaraan disebarluaskan.

Selama milenium ketiga SM, dikembangkan simbiosis budaya yang sangat intim antara Sumeria dan Akkadians, yang termasuk luas bilingualisme .Pengaruh Sumeria Akkadia pada (dan sebaliknya) adalah jelas dalam semua bidang, dari peminjaman leksikal pada skala besar, untuk konvergensi sintaksis, morfologi, dan fonologi. Hal ini telah mendorong para sarjana untuk merujuk Sumeria dan Akkadia di milenium ketiga sebagai sprachbund . Akkadia bertahap digantikan Sumeria sebagai bahasa lisan Mesopotamia di sekitar putar dari 3 dan milenium 2 SM (penanggalan yang tepat menjadi bahan perdebatan), tetapi Sumeria terus digunakan sebagai bahasa, upacara suci, sastra, dan ilmiah di Mesopotamia sampai abad ke-1 Masehi. Mesopotamia Timur bahasa Aram dialek masih bertahan sampai hari ini sebagai bahasa lisan dan sastra antara adat Asyur dan Mandeans Irak.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done